masih soal komunitas sepeda, bike 2 work, adalah komunitas pekerja yang bekerja dengan mengendarai sepeda.
mengutip kata di websitenya.
"Berawal dari sekelompok penggemar kegiatan sepeda gunung yang tergabung dalam Komunitas Jalur Pipa Gas (JPG) yang memiliki semangat, gagasan dan harapan akan terwujudnya udara bersih di perkotaan, lahirlah KOMUNITAS PEKERJA BERSEPEDA (Bike-to-Work Community) yang kemudian menggagas kampanye pertama penggunaan sepeda ke tempat kerja pada 6 Agustus 2004."
komunitas yang patut untuk mendapatkan apresiasi dari kita. komunitas ini sudah ada sejak 2004. dan tetap exis sampai sekarang. jika anda tertarik untuk bergabung silakan untuk menacari informasinya di situs http://b2w-indonesia.or.id/
di sana anda dapat mendaftar menjadi anggota, membeli merchandise, dan membaca artikel-artikel bermanfaat tentang seputar kegiatan bersepeda.
komunitas bike 2 work indonesia akan mengadakan acara "srikandi bersepeda jepara-bandung pada tanggal 19-29 april 2012. anda tertarik segera mendaftar
Senin, 06 Februari 2012
menyelamatkan bumi dengan bersepeda
sebuah berita menarik dari Voice Of Amerika tentang gerakan anak muda, yang perduli akan pengurangan efek global warming.
Kalangan Muda Aceh Luncurkan Komunitas Sepeda Sehat Terbesar Pertama. Minggu, 05 Februari 2012
inilah yang patut mendapat perhatian pemerintah, dan media massa, bukan melulu gosip dan ajang pencarian bakat. agar masyarakat mengerti tentang efek global warming.
salut untuk kalangan muda aceh yang perduli lingkungan.
Kalangan Muda Aceh Luncurkan Komunitas Sepeda Sehat Terbesar Pertama. Minggu, 05 Februari 2012
inilah yang patut mendapat perhatian pemerintah, dan media massa, bukan melulu gosip dan ajang pencarian bakat. agar masyarakat mengerti tentang efek global warming.
salut untuk kalangan muda aceh yang perduli lingkungan.
Jumat, 03 Februari 2012
siapa penyumbang pencemaran dan perusakan lingkungan?
mungkin belum banyak yang menyadari bahwa pencemaran oleh kedua bahan tersebut bukan hanya berupa sampah kantong plastik dan botol air kemasan yang sulit terurai, tapi juga berupa polusi udara yang dihasilkan pabrik yang memproduksinya. coba perhatikan, tahun 2011 produk konsumsi air kemasan bisa mencapai 17 milyar liter. Itu akan membutuhkan botol plastik sampai 500.000 ton. tentu saja selain sampah yang dihasilkan berupa botol plastik yang memang hanya sekali pakai tersebut, juga ada proses produksi dipabrik yang telah menyumbang sekian banyak polusi udara, dan penggunaan listrik untuk proses produksinya.
seharusnya peningkatan volume sampah, diimbangi oleh solusi untuk mengelola sampah, yang melibatkan semua lapisan. jika pemerintah mau belajar dari negara lain yang bagus dalam pengelolaan sampahnya. bukan mustahil pencemaran dapat dikurangi dan bahkan dapat dirubah dan didayagunakan sebagai penghasil energi yang ramah lingkungan.
seperti jepang yang mampu mendayagunakan sampah sebagai sumber energi, dan mengolah sampah sehingga memiliki daya guna.
tidak cukup jika hanya pemerintah
peran serta masyarakat juga sangat penting jika ingin menjalankan pengelolaan sampah sepereti di jepang.
di jepang membuang sampah saja ada jadwalnya. jadi sampah yang dibawa ke tempat pembuangan sampah akhir sudah dipilah oleh orang yang membuang sampah. yang mana setiap hari sampah yang dibawa hanya satu jenis. seperti hari ini sampah organik, besok sampah elektronik, lusa sampah kaca dst.
para pengusaha juga harus tidak hanya memikirkan keuntungan sendiri, pengusaha juga harus berupaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan. seperti mengunakan bioplastik yang mudah terurai dan pengolahan limbah hasil produksi.
sepertinya butuh waktu lama bagi indonesia agar dapat mengelola sampah seperti di jepang.
Kamis, 02 Februari 2012
the green mosque
keren nggak?
ini bukan sebuah karangan "mesjid hijau" yang saya maksud bukanlah sebuah mesjid yang di cat dengan warna hijau. melainkan sebuah mesjid yang menerapkan konsep green building pada bangunannya.
adalah Oussama Jammal, Direktur The Mosque Foundation, yayasan pendiri masjid ini. Green Mosque, alias Masjid Hijau. Ini adalah masjid pertama di Amerika yang mengadopsi konsep ramah lingkungan.yang terletak di pinggiran kota Chicago.
bangunan mesjid ini dibuat dengan jendela yang besar sehingga tidak memerlukan penerangan yang banyak, hebatnya listrik untuk mensuplai kebutuhan mesjid diperoleh dari atap dengan panel surya.
ini bukan sebuah karangan "mesjid hijau" yang saya maksud bukanlah sebuah mesjid yang di cat dengan warna hijau. melainkan sebuah mesjid yang menerapkan konsep green building pada bangunannya.
adalah Oussama Jammal, Direktur The Mosque Foundation, yayasan pendiri masjid ini. Green Mosque, alias Masjid Hijau. Ini adalah masjid pertama di Amerika yang mengadopsi konsep ramah lingkungan.yang terletak di pinggiran kota Chicago.
bangunan mesjid ini dibuat dengan jendela yang besar sehingga tidak memerlukan penerangan yang banyak, hebatnya listrik untuk mensuplai kebutuhan mesjid diperoleh dari atap dengan panel surya.
mesjid ini bukan hanya menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan dalam bangunan saja tapi juga pengelolaan masjidnya.
mungkin sudah saatnya memperbanyak bangunan yang menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan.
mungkin sudah saatnya memperbanyak bangunan yang menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan.
sungai di tiongkok tercemar cadmium
seperti diberitakan Voice Of Amerika
Zat Kimia Beracun Cemari Sungai di Tiongkok Sabtu, 28 Januari 2012
Jutaan orang di Tiongkok Selatan diperingatkan agar tidak minum air keran, hari Jumat, setelah bahan kimia cadmium yang berbahaya tumpah di sebuah fasilitas pertambangan ke Sungai Liujiang.
Cadmium ( latin cadmia) adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cd dan nomor atom 48. Cadmium ditemukan di Jerman 1817 oleh Friedrich Strohmeyer.
Cadmium merupakan salah satu jenis logam logam berat yang berbahaya karena elemen ini beresiko tinggi terhadap pembuluh darah. Cadmium berpengaruh terhadap manusia dalam jangka waktu panjang dan dapat terakumulasi pada tubuh khususnya hati dan ginjal.
Cadmium lebih beracun bila terhisap melalui saluran pernafasan daripada saluran pencernaan. Kasus keracunan akut cadmium kebanyakan dari menghisap debu dan asap cadmium, terutama cadmium oksida (CdO). Dalam beberapa jam setelah menghisap, korban akan mengeluh gangguan saluran nafas, nausea, muntah, kepala pusing dan sakit pinggang. Kematian disebabkan karena terjadinya edema paru-paru. Apabila pasien tetap bertahan, akan terjadi emfisema atau gangguan paru-paru yang jelas terlihat.
Keracunan kronis terjadi bila memakan atau inhalasi dosis kecil Cd dalam waktu yang lama. Gejala akan terjadi setelah selang waktu beberapa lama dan kronik. Cadmium pada keadaan ini menyebabkan nefrotoksisitas, yaitu gejala proteinuria, glikosuria, dan aminoasidiuria diserta dengan penurunan laju filtrasi glumerolus ginjal. Kasus keracunan Cd kronis juga menyebabkan gangguan kardiovaskuler dan hipertensi. Hal tersebut terjadi karena tingginya afinitas jaringan ginjal terhadap cadmium. Gejala hipertensi ini tidak selalu dijumpai pada kasus keracunan Cd krosik. Cadmium dapat menyebabkan osteomalasea karena terjadinya gangguan daya keseimbangan kandungan kalsium dan fosfat dalam ginjal.
semoga saja di indonesia tidak akan mendapat musibah yang sama.
dari berbagai sumber.
Zat Kimia Beracun Cemari Sungai di Tiongkok Sabtu, 28 Januari 2012
Jutaan orang di Tiongkok Selatan diperingatkan agar tidak minum air keran, hari Jumat, setelah bahan kimia cadmium yang berbahaya tumpah di sebuah fasilitas pertambangan ke Sungai Liujiang.
Cadmium ( latin cadmia) adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cd dan nomor atom 48. Cadmium ditemukan di Jerman 1817 oleh Friedrich Strohmeyer.
Cadmium merupakan salah satu jenis logam logam berat yang berbahaya karena elemen ini beresiko tinggi terhadap pembuluh darah. Cadmium berpengaruh terhadap manusia dalam jangka waktu panjang dan dapat terakumulasi pada tubuh khususnya hati dan ginjal.
Cadmium lebih beracun bila terhisap melalui saluran pernafasan daripada saluran pencernaan. Kasus keracunan akut cadmium kebanyakan dari menghisap debu dan asap cadmium, terutama cadmium oksida (CdO). Dalam beberapa jam setelah menghisap, korban akan mengeluh gangguan saluran nafas, nausea, muntah, kepala pusing dan sakit pinggang. Kematian disebabkan karena terjadinya edema paru-paru. Apabila pasien tetap bertahan, akan terjadi emfisema atau gangguan paru-paru yang jelas terlihat.
Keracunan kronis terjadi bila memakan atau inhalasi dosis kecil Cd dalam waktu yang lama. Gejala akan terjadi setelah selang waktu beberapa lama dan kronik. Cadmium pada keadaan ini menyebabkan nefrotoksisitas, yaitu gejala proteinuria, glikosuria, dan aminoasidiuria diserta dengan penurunan laju filtrasi glumerolus ginjal. Kasus keracunan Cd kronis juga menyebabkan gangguan kardiovaskuler dan hipertensi. Hal tersebut terjadi karena tingginya afinitas jaringan ginjal terhadap cadmium. Gejala hipertensi ini tidak selalu dijumpai pada kasus keracunan Cd krosik. Cadmium dapat menyebabkan osteomalasea karena terjadinya gangguan daya keseimbangan kandungan kalsium dan fosfat dalam ginjal.
semoga saja di indonesia tidak akan mendapat musibah yang sama.
dari berbagai sumber.
tabulampot menyiasati keterbatasan lahan
tabulampot, adalah istilah pertanian yaitu sebuah teknik bertanam buah dalam pot.
memang sering lahan menjadi masalah bagi kebanyakan orang yang tinggal diperkotaan dan rumahnya tidak luas seperti rumah-rumah di kampung. teknik ini cocok untuk anda yang ingin ikut menyelamatkan dunia dengan menyumbangkan oksigen segar ke planet kita dengan menanam tanaman di rumah.
hampir semua tanaman buah dapat ditanam dalam pot dan dapat menghasilkan buah juga, seperti terlihat dalam gambar.
asalkan tahu tatacara menanam buah dalam pot, pasti tanaman anda berbuah,ikuti link ini untuk mengetahui tata cara menanam buah dalam pot
memang sering lahan menjadi masalah bagi kebanyakan orang yang tinggal diperkotaan dan rumahnya tidak luas seperti rumah-rumah di kampung. teknik ini cocok untuk anda yang ingin ikut menyelamatkan dunia dengan menyumbangkan oksigen segar ke planet kita dengan menanam tanaman di rumah.
hampir semua tanaman buah dapat ditanam dalam pot dan dapat menghasilkan buah juga, seperti terlihat dalam gambar.
asalkan tahu tatacara menanam buah dalam pot, pasti tanaman anda berbuah,ikuti link ini untuk mengetahui tata cara menanam buah dalam pot
transportasi massal lebih menghijaukan bumi
Penumpang di Atas Atap Kereta, Bukti Pemerintah Gagal Atasi Kemacetan. begitulah tulis VOA Indonesia pada tanggal 19 Januari 2012.
yang mana isinya tetap sama saja dengan berita-berita dikoran dan kebanyakan stasiun televisi lokal, yang hanya mencari kesalahan pemerintah, dalam mengatasi penumpang yang naik ke atap gerbong kereta. mungkin yang ada yang sudah tahu bahwa penumpang kereta indonesia ini masih kalah extrim dengan penumpang kereta di India. coba perhatikan gambar di bawah ini!
penumpang kereta indonesia lebih sedikit dibandingkan dengan gambar bawah yang menunjukan jumlah penumpang kereta di India.
sumber gambar http://www.voanews.com/indonesian/news/Penumpang-di-Atap-Kereta-Bukti-Pemerintah-Gagal-Atasi-Kemacetan-137735298.html
dan http://devilzc0de.org/forum/printthread.php?tid=3310
terlepas dari usaha pihak PT KAI yang telah banyak dianggap gagal dalam mengatasi penumpang di atap gerbong. saya ingin menulis sesuai tema blog saya.
bahwa kereta api adalah moda transportasi massal, yang sudah ada sejak "fir'aun masih tk" :-)
tahukah anda jika saja pemerintah membuat sebuah kebijakan satu hari dari setiap minggu untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi, sebagai penggantinya setiap orang harus menggunkan angkutan massal seperti kereta, bus way dan angkutan umum kemacetan jakarta akan sedikit terurai.
karena di Jakarta kendaraan pribadi mendominasi jalanan. dan anda bisa bayangkan jika pada suatu hari semua orang harus menggunakan kendaraan umum, jalanan tidak ada mobil pribadi. apa yang akan terjadi?
antrean panjang kendaraan pribadi berkurang kan?
yang mana isinya tetap sama saja dengan berita-berita dikoran dan kebanyakan stasiun televisi lokal, yang hanya mencari kesalahan pemerintah, dalam mengatasi penumpang yang naik ke atap gerbong kereta. mungkin yang ada yang sudah tahu bahwa penumpang kereta indonesia ini masih kalah extrim dengan penumpang kereta di India. coba perhatikan gambar di bawah ini!
penumpang kereta indonesia lebih sedikit dibandingkan dengan gambar bawah yang menunjukan jumlah penumpang kereta di India.
sumber gambar http://www.voanews.com/indonesian/news/Penumpang-di-Atap-Kereta-Bukti-Pemerintah-Gagal-Atasi-Kemacetan-137735298.html
dan http://devilzc0de.org/forum/printthread.php?tid=3310
terlepas dari usaha pihak PT KAI yang telah banyak dianggap gagal dalam mengatasi penumpang di atap gerbong. saya ingin menulis sesuai tema blog saya.
bahwa kereta api adalah moda transportasi massal, yang sudah ada sejak "fir'aun masih tk" :-)
tahukah anda jika saja pemerintah membuat sebuah kebijakan satu hari dari setiap minggu untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi, sebagai penggantinya setiap orang harus menggunkan angkutan massal seperti kereta, bus way dan angkutan umum kemacetan jakarta akan sedikit terurai.
karena di Jakarta kendaraan pribadi mendominasi jalanan. dan anda bisa bayangkan jika pada suatu hari semua orang harus menggunakan kendaraan umum, jalanan tidak ada mobil pribadi. apa yang akan terjadi?
antrean panjang kendaraan pribadi berkurang kan?
Langganan:
Postingan (Atom)