Kamis, 15 Maret 2012

Atasi Kolesterol Secara Alami



Kolesterol anda tinggi? Kolesterol tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit. Kolesterol yang tinggi tidak hanya dialami oleh orang yang bertubuh gemuk saja, tapi pada orang yang kurus tidak berarti kolesterolnya rendah. Kolesterol normal dalam tubuh adalah < 200 mg/dl


Jenis Kolesterol Dalam Tubuh
Dalam tubuh terdapat lemak terdiri dari kolesterol jahat yang biasa disebut LDL (Low Density Lipoprotein) dimana lemak ini dapat menempel pada pembuluh darah. Sedangkan kolesterol baik yang dikenal dengan HDL (High Density Lipoprotein) merupakan lemak yang dapat melarutkan kandungan LDL dalam tubuh. Penumpukan kandungan LDL harus dicegah agar tetap dalam keadaan normal.


Diet Rendah Kolesterol
Apabila kolesterol dalam darah anda tinggi, cara alami yang dapat anda lakukan adalah melakukan diet rendah kolesterol. Prinsip dari diet ini adalah penggunaan lemak di batasi terutama lemak jenuh dan lebih banyak menggunakan lemak tak jenuh. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh seperti kambing, sapi, babi, otak, limpah, ginjal, hati, kuning telur, ham, sosis, babat dan usus. Umumnya lemak jenuh terkandung pada minyak yang berasal dari hewan seperti lemak sapi, babi, kambing, susu penuh (full cream), cream, keju dan mentega selain itu lemak jenuh juga terkandung pada minyak kelapa, santan kental dan mayonaise. Sumber makanan yang mengandung lemak tak jenuh adalah minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti minyak kacang tanah, minyak sawit, minyak jagung, minyak kedelai dan margarine.


Selain penggunaan lemak di batasi, untuk penderita yang gemuk jumlah karbohidrat di batasi. Makanan sumber karbohidrat yang dianjurkan karbohidrat kompleks yang banyak mengandung serat seperti adalah nasi, nasi tim, bubur, roti gandum, macaroni, pasta, jagung, kentang, ubi, talas, havermout dan sereal. Sedangkan sumber karbohidrat yang di batasi adalah mie, roti putih, ketan, kue-kue, cake, biskuit dan pastries.


Cara mengatur diet rendah kolesterol

  • Gunakan minyak kedelai, minyak sawit, minyak kacang tanah atau minyak jagung dalam jumlah terbatas (1 sendok makan per hari)
  • Penggunaan daging merah (@ 50 gr/ 1 ptg sedang) maksimum 2 x seminggu
  • Makanlah ikan sebagai pengganti daging. Gunakan daging kurus (keluarkan bagian yang berlemak)
  • Batasi penggunaan kuning telur maksimum 2 kali perminggu
  • Makan banyak sayuran dan buah-buahan segar, batasi sayuran yang mengandung gas seperti kol, sawi, nangka muda dan lobak dan buah-buahan yang mengandung alkohol seperti nangka, anggur dan nanas juga di batasi
  • Sayur sebaiknya di makan mentah atau sebagai lalapan (cuci bersih)
  • Hindari minuman yang mengandung soda dan alkohol seperti teh kental, tape dan kopi
  • Memasak dengan merebus, mengukus, mengungkep, menumis, memanggang atau membakar

Selain melakukan diet, hindari alkohol dan merokok karena dengan merokok atau mengkonsumsi alkohol, kolesterol akan mudah menumpuk dalam aliran darah. Jangan lupa berolah ragalah secara teratur agar berat badan tetap ideal serta terapkanlah gaya hidup sehat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar